Tanjung Ringgit yang tersembunyi dan menakjubkan

Kondisi alam Lombok dikenal dengan alam yang tropis, garis pantai yang membentang luas, gili-gili (pulau) kecil yang indah dan terdapat tebing-tebing menjulang tinggi di sekitaran pantainya. Satu tempat yang selama ini masih cukup asing dan jarang terdengar namun menyimpan keindahan yang tak kalah menakjubkan di Lombok, tempat itu bernama Tanjung Ringgit. Penasaran? Check this out guys!

tanjung ringgit
tanjung ringgit

Pulau Lombok biasanya identik disandingkan dan dibandingkan dengan pulau Bali melihat dari kondisi alam dan keindahan pemandangannya yang tersebar diseluruh wilayahnya masing-masing. Namun mungkin ada satu perbedaan dari kedua tempat tersebut. Di Lombok, hingar bingar suasana perkotaan mungkin masih kalah jauh bila dibandingkan dengan di Bali. Tidak heran mereka yang menginginkan suasana hening dan tenang lebih memilih untuk mengunjungi Lombok dengan berbagai cara termasuk backpacker, ataupun dengan memesan paket tour ke Lombok untuk mengisi waktu liburan.

Mungkin sangat banyak rekomendasi tempat atau destinasi-destinasi indah dan unik yang bisa anda kunjungi saat liburan di Lombok. Namun kali ini, ada satu spot yang benar-benar top yang bisa dijadikan referensi bagi anda khusunya yang memiliki hobi dan minat di bidang fotofraphy dan anda yang berjiwa traveling alias petualang.

Tanjung Ringgit, ya itulah namanya. Pertama-tama saya akan menjelaskan jika anda ingin berkunjung kemari mungkin harus menyewa kendaraan pribadi karena akses untuk kendaraan umum tidak ada yang kejalur menuju Tanjung Ringgit. Letaknya yang kira-kira 85km dari kota Mataram membuat anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Eits jangan pesimis dulu, dibalik letaknya yang jauh itu Tanjung Ringgit menjadi tempat yang masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan yang berlibur ke Lombok. Dengan begitu bila anda memutuskan untuk berkunjung kesana, anda dijamin akan menemukan tempat yang bisa dikatakan “private” dan sangat cocok untuk refreshing anda. Setibanya di Tanjung Ringgit, bentangan tebing-tebing yang berkelok-kelok khas alam lombok akan menyambut anda. Di sebrangnya view laut dengan kondisi perarian super jerning yang terkena paparan sinar matahari, membuat anda bisa melihat langsung pemandangan dibawah airnya.

Bila anda ingin merasakan pengalaman berbeda dan tak terlupakan saat berkunjung ke Tanjung Ringgit, membangun tenda dan camping di tempat tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat menarik loh. Bersama teman-teman atau keluarga, bermalam dan menyalakan api unggun ditemani dengan pemandangan bintang serta deburan ombak pantai tentu suasana yang jarang bisa anda rasakan bukan?

Selain itu, di pagi hari anda akan dapat menikmati indahnya pemandangan sunrise (matahari terbit) yang akan memanjakan mata anda dan menghasilkan suasana romantis yang tiada tara jikalau anda berkunjung bersama dengan pasangan tercinta. Selain itu untuk anda yang hobi mengambil foto, dijamin akan mendapat gambar yang sangat indah sehingga dapat anda jadikan koleksi pribadi ataupun untuk diunggah ke media sosial masing-masing.

Tidak hanya sampai disana. Saat siang hari, tenda anda mungkin juga akan snagat berguna karena keadaan disana panas dan sinar matahari yang sangat terang. Saya sarankan bawalah perbekalan air yang banyak agar anda tidak kehausan nantinya ya. Jika tidak ingin bermalam, anda juga bisa camping siang hari di Tanjung Ringgit. Berbekal makanan dan minuman sendiri, tenda dan tikar kemudian ditemani dengan pemandangan tebing dan laut yang jerning saat menyantap makanan bersama dengan teman-teman, keluarga ataupun pasangan.

Selain keindahan alam, tanjung ringgit juga menyimpan nilai sejarah didalamnya. Di bagian bawah tebing anda bisa berjalan menyusuri jalan setapak yang lumayan terjal sehingga harus berhati-hati yang melaluinya. Setelah itu anda akan menjumpai sebuah sumur yang berisi air didalamnya. Uniknya, air didalam sumur tersebut merupakan air tawar padahal letak sumurnnya yang berdekatan dengan bibir pantai, sehingga air didalam sumur tersebut aman untuk anda minum. Selain itu dibagian di bagian tebing lainnya, terdapat goa kuno peninggalan Jepang.

Menuruni tebing dengan melalu jalan setapak yang cukup terjal mungkin akan menjadi sesuatu hal yang menarik bagi anda yang berjiwa petualang karena adrenalin anda akan terpacu dan sesampainya dibawah akan terpuaskan dengan pemandangan dan suasana pantai yang ada. Pantainya masih alami, bersih dan sepi. Jika anda berminat untuk menikmati pemandangan dibawah lautnya, bisa dengan cara menyewa perahu nelayan sekitar dan anda pun akan diantarkan menuju ke tengah perairan pantai. Bersenorkeling akan menjadi pilihan yang tepat, tentu dengan catatan anda membawa perlengkapannya sendiri ya.

Tanjung Ringgit merupakan satu dari sekian destinasi yang bisa anda kunjungi saat berwisata dan tour ke Lombok. Mungkin jika di tahun 2018 ini anda yang sudah pernah ke Lombok punya rencana untuk berkunjung kesana lagi ataupun yang belum pernah ke Lombok dan memiliki rencana untuk berlibur kesana, bisa mempertimbangkan untuk mengexplore keindahan alam dari Tanjung Ringgit guna mendapatkan pengalaman dan suasana yang baru.